Selasa, 09 Juli 2013


London - Skuat Chelsea saat ini dipenuhi oleh banyak pemain muda dan Jose Mourinho meminta mereka mencontoh sosok Didier Drogba jika ingin sukses bersama The Blues.

Sebut saja Eden Hazard, Oscar serta Juan Mata yang musim lalu jadi tumpuan Chelsea sepanjang musim. Selain tiga nama itu, Chelsea juga masih punya Romelu Lukaku, Kevin de Bruyne dan Marko Marin yang juga tak kalah bagusnya.

Musim ini mereka juga kedatangan lagi pemain muda yakni Marko van Ginkel dan Andre Schuerrle. Ditambah lagi nama-nama seperti Lucas Piazon, Oriel Romeu dan Victor Moses yang kariernya masih panjang.

Tugas Mourinho tentunya akan berat karena ia harus bisa memaksimalkan potensi pemain muda yang ada untuk mendampingi skuat yang sudah dipenuhi pemain senior berpengalaman.

Mourinho tahu itu dan ia yakin para pemain muda Chelsea akan bisa bersinar jika mereka mengikuti jejak karier Drogba yang meraih sukses besar saat berseragam biru-biru.

"Saya pikir Didier Drogba, sebagai pria dan pesepakbola profesional, adalah pribadi yag pantas dijadikan contoh karena dia adalah pemain yang spesial untuk sejarah klub ini," ujar Mourinho seperti dilansir Reuters.

"Saya bisa menjadikan Drogba sebagai figur agar para pemain muda mau mematuhiku karena Drogba juga seperti itu sejak hari pertaman di klub ini," sambungnya.

Drogba adalah salah satu pemain yang didatangkan Mourinho di tahun pertamanya melatih Chelsea dan setelahnya penyerang Pantai Gading itu jadi figur peting di balik sukses klub London Barat itu.

Total 157 gol dicetak Drogba dan ia turut memberikan tiga gelar Premier League dan satu trofi Liga Champions. Padahal sebelum itu Drogba "hanya" bermain di level Liga Prancis bersama Marseille.

"Dia sebelumnya bermain di Prancis dan tidak banyak yang mengenalnya ketika saya meminta pemilik (Roman Abramovich) untuk membelinya."

"Orang-orang berpikir bahwa harganya terlalu mahal bagi pemain yang belum membuktikan apapun. Lalu dalam perayaan 10 tahun pemilik klub di tahun ini, dia terpilih sebagai pemain terbaik dalam sejarah klub Chelsea."

"Saya pikir setia pemain bisa memiliki ambisi seperti yang Didier miliki karena dia adalah orang yang dikendalikan oleh ambisi, emosi, pertemanan dan kesetiaan. Dia sangat loyal kepada klub, manajer, rekan-rekan setimnya dan fans," demikian dia.

0 komentar:

Posting Komentar